Ulasan 5 – Kalimat 19-20

“Well, well,” Max said. “Judging by the arched eyebrows and frozen forehead, it looks like the hot new trend is Botox jobs gone horribly wrong.

“Wah, wah,” kata Max.”Kalau melihat alisnya melengkung dan keningnya kaku, tampaknya tren terbaru yang populer adalah suntik Botox yang gagal total.

Diksi: Kata frozen diterjemahkan peserta latihan menjadi beku atau kaku. Saya sendiri merasa kata dahi kaku lebih mudah terbayang daripada dahi beku. Ingat  bahwa Max sedang mengejek, jadi kata licin yang berkesan memuji tidaklah cocok digunakan di sini.

Riset: Jika ada yang belum tahu apa itu Botox, harus melakukan riset. Dari riset diketahui bahwa Botox jobs adalah prosedur yang menyuntikkan racun botulinum, yang melumpuhkan otot wajah sehingga mencegah terbentuknya keriput. Namun, karena ototnya lumpuh, wajah bisa jadi tampak kaku, tak bisa digerakkan.

Berapa banyak informasi dari riset yang harus kita selipkan ke dalam terjemahan? Saya sendiri sudah sering mendengar tentang prosedur ini, dan pencarian di Google menghasilkan banyak artikel Indonesia yang membahasnya, jadi saya memutuskan bahwa mungkin pembaca sudah cukup tahu. Dengan pertimbangan itu, Botox jobs bisa diterjemahkan sebagai suntik Botox atau perawatan Botox.

Tidak tepat diterjemahkan sebagai operasi Botox karena prosedurnya hanya menyuntikkan Botox di kulit, tidak seperti operasi plastik. Kata jobs sebaiknya diterjemahkan untuk membantu pembaca mengetahui apa itu Botox.

Diksi: Frasa gone horribly wrong menghasilkan beberapa terjemahan alternatif berikut ini: gagal, gagal total, gagal dengan mengerikan. Ingat bahwa Max sedang mengejek, jadi diksi yang lebih santun tidak cocok di sini, misalnya tidak berjalan dengan baik atau dikerjakan dengan buruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s