Ulasan 6 – Kalimat 2

Heavy-footed in high heels.

Langkah berat dengan sepatu hak tinggi.

Diksi: Menurut kamus, heavy-footed berarti “having a ponderous, lumbering gait.” Ini bisa langsung diterjemahkan menjadi langkah berat karena saya rasa maknanya mirip. Beberapa peserta latihan memilih memperjelas makna itu, misalnya menjadi pelan dan susah payah atau lamban, dan saya kira ini bisa saja dilakukan. Alternatif lain seperti kikuk atau pelan dan mantap mungkin kurang sesuai dengan makna yang dimaksud.

Perhatikan bahwa heavy di sini merujuk pada langkah, bukan kaki atau sepatunya yang berat.

Diksi: Kata in bisa diterjemahkan menjadi dalam atau dengan, atau kaki bersepatu. menggunakan  Saya rasa tidak lazim menggunakan kata di atas untuk menggambarkan alas kaki yang dipakai seseorang. Saya rasa kata ini kurang tepat jika diterjemahkan menjadi karena, karena rasanya memakai sepatu berhak tinggi tidak serta-merta menjadikan langkah kita berat.

3 thoughts on “Ulasan 6 – Kalimat 2

  1. Mba Femmy, terima kasih banyak sudah tetap menyempatkan mengulas latihan ini. ๐Ÿ™‚ Saya mau bertanya dong, bolehkah kita menggabungkan dua kalimat pertama ini menjadi satu kalimat seperti yang saya lakukan? Saya menerjemahkannya, “Aku bisa mendengar langkah beratnya berderak melewati jalan setapak dengan sepatu hak tinggi.” karena saya merasa redundan harus mengulang kata ‘langkah’ dalam dua kalimat pendek yang berurutan. Bagaimana menurut Mba Femmy?

    Like

    • Boleh saja. Saya sendiri lebih suka mengikuti struktur kalimat pengarang karena menurut saya itu bagian dari gaya bahasanya, dan biasanya tidak mengubahnya kecuali dirasakan perlu. Nah, perlu-tidaknya perubahan ini tergantung pertimbangan subjektif setiap penerjemah, dan keputusan apa pun yang akhirnya diambil itu sah-sah saja, asal sudah melalui pertimbangan yang matang.

      Like

      • Oh, gitu. Memang ini ya yang sering bikin bingung, antara mempertahankan gaya penulis asli dan membuat terjemahan enak dibaca. Hehe. Terima kasih jawabannya, Mba. ๐Ÿ˜€

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s